Magister

PENGUMUMAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU PROGRAM STUDI MAGISTER

SEMESTER GANJIL TAHUN AKADEMIK 2025/2026

DEPARTEMEN TEKNIK INDUSTRI FAKULTAS TEKNIK

UNIVERSITAS BRAWIJAYA

Seleksi Pascasarjana (Profesi, Magister, dan Doktor) merupakan seleksi masuk yang diselenggarakan secara mandiri oleh Universitas Brawijaya untuk jenjang Profesi, magister (S2) dan doktor (S3). Seleksi dilaksanakan berdasarkan syarat-syarat serta pendidikan sebelumnya sesuai ketentuan.

I. JADWAL PENTING

KegiatanTanggalKegiatan
Gelombang I
Pendaftaran (admisi)3 Maret s/d 27 Maret 2025https://admisi. ub.ac.id
Pengumuman Lolos Seleksi Administrasi (Tahap 1) RPL11 April 2025SELMA
Pembayaran Biaya Pendaftaran RPL12 April s/d 19 April 2025SELMA
Seleksi wawancara/proses seleksi lainnya untuk Gelombang I8 April s/d 28 April 2025Akan diinformasikan ke pendaftar secara langsung oleh Fakultas/Program Studi terkait
Pengumuman Seleksi Gelombang I5 mei 2025SELMA
Pembayaran UKT6 Mei s/d 17 Mei 2025SELMA
   
KegiatanTanggalKegiatan
Gelombang II
Pendaftaran (admisi)12 Mei s/d 31 Mei 2025https://admisi. ub.ac.id
Pengumuman Lolos Seleksi Administrasi (Tahap 1) RPL2 Juni 2025SELMA
Pembayaran Biaya Pendaftaran RPL3 Juni s/d 7 Juni 2025SELMA
Seleksi wawancara/proses seleksi lainnya untuk Gelombang II2 Juni s/d 27 Juni 2025Akan diinformasikan ke pendaftar secara langsung oleh Fakultas/Program Studi terkait
Pengumuman Seleksi Gelombang II30 Juni 2025SELMA
Pembayaran UKT1 Juli s/d 19 Juli 2025SELMA

II. PERSYARATAN

Bagi pendaftar Seleksi Pascasarjana UB harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI);
  2. Memenuhi syarat program studi yang dituju, sesuai pada tabel program studi
  3. Peserta seleksi memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studinya.
  4. Kelengkapan dokumen yang perlu diupload pada pendaftaran online:
    1. Foto diri berwarna terbaru (File JPG)
    2. Ijazah dan Transkrip Sarjana (File PDF)
    3. Ijazah dan Transkrip Magister (untuk pendaftar program Doktor) (File PDF)
    4. Sertifikat Tes Potensi Akademik (File PDF)
    5. Sertifikat TOEFL/Tes kemampuan bahasa Inggris lainnya (lihat syarat pada masing-masing program studi untuk keterangan lebih lanjut) (File PDF)
    6. Dua surat rekomendasi akademik (untuk pendaftar program Magister), atau tiga surat rekomendasi akademik (untuk pendaftar program Doktor) (File PDF)
    7. Surat keterangan sehat dan bebas narkoba (File PDF)
    8. KTP (File JPG)
    9. Surat Ijin/Penugasan dari instansi (bagi yang sudah bekerja, dan bagi yang biaya sendiri tidak diperlukan surat ijin/penugasan) (File PDF)
    10. Daftar Riwayat Hidup (File PDF)
    11. Sinopsis rencana penelitian (File PDF)
    12. Surat keterangan sumber dana (File PDF)
    13. Profil mahasiswa pada situs forlap dikti (bagi angkatan setelah tahun 2003 lakukan pencarian pada https://pddikti.kemdikbud.go.id/ kemudian upload screenshot halaman data mahasiswa pada Admisi UB) (File JPG)
    14. Berkas lain yang disyaratkan oleh Program Studi terkait
    15. Formulir yang dilampirkan:1. Formulir pendaftaran: https://s.ub.ac.id/formulirpascaft
      2. Pernyataan sumber dana: https://s.ub.ac.id/pernyataansumberbiaya
      3. Penugasan studi lanjut: https://s.ub.ac.id/penugasanstudi
      4. Rekomendasi akademik: https://s.ub.ac.id/rekomendasipasca

III. BIAYA PENDIDIKAN

PROGRAM MAGISTER

Biaya PendaftaranRp. 1.000.000,-
Reguler I 
Uang Kuliah Tunggal (per semester):Rp. 10.500.000,-
Matrikulasi (per sks)Rp. 750.000,-
Reguler II 
Uang Kuliah Tunggal (per semester):Rp. 14.000.000,-
Matrikulasi (per sks)Rp. 1.000.000,-

IV. MEKANISME PENDAFTARAN

Berikut adalah langkah-langkah pendaftaran Seleksi Pascasarjana untuk Program Magister, Program Doktor, dan Program Doktor Kampus Jakarta

  1. Melakukan pembuatan akun di laman https://admisi.ub.ac.id;
  2. Memilih seleksi yang akan dituju di halaman dashboard
  3. Melakukan request Kode Pembayaran;
  4. Biaya pendaftaran sesuai jumlah pada poin II disetor pada Bank BRI, Bank Mandiri atau Bank BNI seluruh Indonesia (semua kanal pembayaran) di seluruh Indonesia dengan menunjukkan KODE PEMBAYARAN;
  5. Biaya pendaftaran yang telah dibayarkan di bank tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapunPastikan jumlah pembayaran sudah sesuai dengan program studi yang dituju, dan harap mengikuti tata cara pembayaran sebagai berikut :
    1. Tata Cara Pembayaran Melalui Bank BRI
    2. Tata Cara Pembayaran Melalui Bank Mandiri
    3. Tata Cara Pembayaran Melalui Bank BNI
  6. Melakukan konfirmasi pembayaran kemudian mengisi form pendaftaran di laman https://admisi.ub.ac.id;
  7. Memilih program studi yang dituju berdasarkan persyaratan pada poin II;
  8. Mengunggah berkas kelengkapan pendaftaran umum sesuai poin I dan berkas khusus program studi sesuai poin II;
  9. Mencetak kartu peserta seleksi;

Tata cara pendaftaran Program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) dapat dilihat di:

https://selma.ub.ac.id/pendaftaran-program-rekognisi-pembelajaran-lampau/

V. POSTER & BROSUR