Home » Berita » Teknik Industri Raih Juara 1 Pekan Intelektual Bidikmisi 2019
official site
Tanggal 31 October 2019, kategori Berita

Mahasiswa Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (TI FT-UB) kembali menorehkan prestasi. Kali ini prestasi datang dari lomba karya tulis ilmiah Pekan Intelektual Bidikmisi 2019 yang diselenggarakan oleh Forum Mahasiswa Bidikmisi Universitas Pembangunan Nasional  (UPN) “Veteran” Jakarta.

Pada kompetisi yang berlangsung pada Selasa, 22 Oktober 2019 di Auditorium Bhineka Tunggal Ika tersebut tim mahasiswa TI-UB berhasil meraih juara 1 dan Best Poster. Tim Mahasiswa TI-UB digawangi oleh Yayan Adi Prastyo, Vina Dwi Novianti, dan Siska Hartati Tarigan.

Yayan dkk. membawakan karya tulis berjudul ENVER-O (Penerapan Aplikasi Android Sebagai Upaya Pembersih Samapah Dan Penetralisir Limbah Sungai). Ide ENVER-O berasal dari keinginan untuk menanggulangi pencemaran sungai akibat limbah di sekitar daerah industri.

“Konsep kami menggunakan teknologi otomasi berbasis IoT dan data cloud. Fungsinya dapat mengurangi volume sampah disungai, mendeteksi adanya limbah industri, dan limbah yang terdeteksi akan dinetralisir,” kata ketua tim Yayan.

Untuk mempermudah pengoperasian, alat ENVER-O diintegrasikan dengan aplikasi smartphone melalui jaringan internet. Penyimpanan data menggunakan cloud berkaitan dengan historis penggunaan alat seperti data pengambilan sampah, data kondisi terkini dari penetralisir limbah, sumber energi dari alat dan lain-lain.

“Dengan adanya alat ini, akan memberi keuntungan bagi petugas kebersihan karena sebagai dasar penilaian kinerjanya,” ujar asisten laboratorium Statistik dan Rekayasa Kualitas itu.

Yayan menyatakan tidak menyangka bahwa tim bisa mendapatkan dua penghargaan sekaligus. Karena tim finalis lainnya juga menampilkan ide-ide yang tidak kalah baiknya.

Ke depan tim juga berharap konsep ENVER-O bisa diterapkan di dunia nyata. Tak lupa tim mengucapkan terima kasih atas dukungan dari jurusan dan fakultas sehingga mereka bisa berpartisipasi dalam kompetisi ini.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Rama Faturachman mengatakan bawha kompetisi bertema “Inovasi dan Strategi Mahasiswa Bidikmisi dalam Mengimplementasikan Go Green Menjadi Sebuah Budaya Guna Mewujudkan SDG’s 2030” tersebut adalah salah satu program dari Divisi SDM Forum Mahasiswa Bidikmisi UPN Veteran.

“Dimana maksud dan tujuannya adalah ingin mengembangkan potensi-potensi mahasiswa bidik misi se-Indonesia dalam bidang penulisan karya-karya ilmiah dan gagasan tertulis,” ujarnya.

Adapun finalis kompetisi tersebut adalah tim dari  Institut Pertanian Bogor, Politeknik Negeri Jakarta, Universitas Brawijaya, Universitas Diponegoro, UIN Antasari, UIN Walisongo, Universitas Jambi,  Universitas Riau,  Universitas Tanjungpura, dan  Universitas Trunojoyo. (and)

70 total views, 1 views today