Home » Profil » Struktur Organisasi
official site

Berikut merupakan Struktur Organisasi Jurusan Teknik Industri Universitas Brawijaya beserta TUPOKSI  masing-masing.

Tugas Pokok dan Fungsi Jurusan Teknik Industri adalah :

  1. Merupakan unit pelaksana akademik di Fakultas Teknik yang melaksanakan pendidikan akademik Program Sarjana; dalam bidang teknik industri.
  2. Berfungsi mengembangkan ilmu keteknikan dengan kekhususan keilmuan teknik industri.

SO1

a. Mengkoordinasikan kegiatan pendidikan, penelitian  dan  pengabdian  pada masyarakat di Jurusan;

b. Menjalankan  kebijakan   akademik  dan  standar  mutu  pendidikan  yang ditetapkan fakultas;

c. Menyusun rencana kegiatan atau program kerja jurusan;

d. Melaksanakan pengembangan jurusan di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat;

e. Mengembangkan  hubungan  baik  dan  kerjasama  dengan pemangku kepentingan (stakeholder);

f. Melakukan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan proses belajar mengajar di tingkat jurusan;

g. Mengkoordinasikan kegiatan kemahasiswaan di tingkat jurusan;

h. Menyampaikan laporan kegiatan secara berkala kepada Dekan.

a. Melaksanakan kegiatan administratif dan kesekretariatan jurusan;

b. Mengkoordinasikan penyusunan dan pengembangan kurikulum pendidikan jurusan;

c. Mengkoordinasikan kegiatan proses belajar mengajar bersama dengan Kelompok Dosen Keahlian;

d. Menyusun jadwal perkuliahan di tingkat jurusan

e. Mengkoordinasikan kegiatan laboratorium/studio di lingkungan jurusan;

f. Mengkoordinasikan kegiatan Praktek Kerja Lapangan dan atau Kuliah Kerja Nyata mahasiswa;

g. Menyusun basis data akademik kemahasiswaan di Jurusan;

h. Menyusun basis data kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat di Jurusan.

a. Merencanakan kegiatan pendidikan,  penelitian  dan pengabdian pada masyarakat di Laboratorium/Studio;

b. Menyusun rencana operasional dan pengembanganlaboratorium/studio;

c. Memberikan pelayanan bagi civitas akademika untuk melakukan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni;

d. Menyiapkan jadwal kegiatan laboratorium/studio;

e. Mengkoordinasikan segala kegiatan akademik yang dilaksanakan dalam laboratorium/studio;

f. Melakukan pembinaan kepada anggota laboratorium/studio;

g. Menjalin kerjasama dengan pihak luar dalam rangka resource sharing dan pemberdayaan laboratorium/studio;

h. Melakukan pemantauan dan evaluasi atas ketersediaan sarana prasarana dan kegiatan dalam laboratorium/studio;

i. Berkoordinasi dengan Ketua Kelompok Dosen Keahlian terkait pengembangan ilmu dan proses belajar mengajar;

j. Melaporkan kegiatan sekurang-kurangnya setiap semester kepada Ketua Jurusan.

a. Merencanakan  kegiatan  pendidikan,  penelitian  dan  pengabdian  pada masyarakat di dalam kelompoknya;

b. Membentuk team teaching berdasar hasil musyawarah mufakat anggotakelompok;

c. Mengkoordinasikan segala kegiatan akademik yang dilaksanakan dalam kelompok, terutama tentang pemilihan obyek praktek kerja serta topik skripsi/tugas akhir;

d. Mempersiapkan pembagian dosen pengampu mata kuliah;

e. Melakukan koordinasi dalam pelaksanaan proses belajar mengajar dengan Ketua Kelompok Dosen Keahlian lain dan atau Pimpinan Jurusan;

f. Melakukan pembinaan kepada anggota kelompok dalam rangka pengembangan keilmuan yang spesifik;

g. Melakukan pemantauan dan evaluasiatas kegiatan yang telah dilakukan anggota kelompok, terutama tentang pembagian tugas mengajar serta membimbing Praktek Kerja dan Skripsi/Tugas Akhir;

h. Melaporkan kegiatan kelompok sekurang-kurangnya setiap semester kepada Ketua Jurusan.

a. Menyusun standar mutu akademik tingkat Jurusan;

b. Melaksanakan audit sistem dan audit kepatuhan secara rutin;

c. Menyampaikan laporan hasil audit dengan rekomendasinya secara tertulis kepada Ketua Jurusan;

d. Memantau, mengevaluasi, dan melakukan analisis terhadap tindak lanjut pelaksanaan rekomendasi yang telah disetujui.

e. Mengkaji Kesesuaian antara Learning Outcomes/CP dengan visi misi dan KKNI bersama tim kurikulum

a. Membantu Pimpinan Jurusan dalam penyusunan rencana serta pelaksanaan kegiatan yang terkait dengan administrasi akademik;

b. Melakukan pendokumentasian data akademik setiap mahasiswa;

c. Melakukan koordinasi dengan Ka Subbag Akademik terkait dengan ketertiban administrasi dalam proses belajar mengajar;

d. Menghimpun dan mengarsip soal-soal serta nilai ujian semester;

e. Mengajukan permohonan surat-surat keputusan (SK) terkait kegiatan akademik (misal: SK mengajar, SK Dosen wali, dan sebagainya);

f. Menyiapkan form-form isian terkait dengan kegiatan dalam proses belajar mengajar;

g. Menjalankan segala kegiatan lain yang terkait dengan administrasi akademik;

h. Menyampaikan laporan secara periodik kepada atasan langsung.

2,322 total views, 2 views today