Home » Berita » Mahasiswa TI-UB Juara III Kompetisi Business Plan UNTIRTA
official site
Tanggal 15 November 2019, kategori Berita

Melihat besarnya potensi pengguna laptop di Indonesia, tiga mahasiswa Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (TI FT-UB) menggagas produk tas khusus laptop yang inovatif dan multifungsi. Selain mengedepankan unsur ergonomis, tas ini di desain dengan kearifan budaya lokal khas Malang-an.

“Dari data Kominfo, jumlah pengguna komputer di Indonesia sebesar 31,4 % masyarakat Indonesia. Dimana sebesar 20,8 % dari jumlah tersebut adalah pengguna laptop. Sisanya pengguna PC Desktop dan tablet,” kata ketua tim pembuat tas laptop TIK’S BAG, Rais Sulaiman.

Selain Rais, tim terdiri dari Bachtiar Ilham Nurdin dan Muhammad Roy Ali Saputra dengan bimbingan dosen Raditya ArdianWiliandri, ST., MMT.

Mahasiswa angkatan 2017 ini menjelaskan, tas laptop biasanya berupa ransel. Kekurangan tas ransel ini adalah beban berlebih yang bisa mengakibatkan sakit pada punggung. Punggung akan mengalami nyeri jika dibawa terlalu lama dan dapat mengakibatkan juga bungkuk.

“Sehingga menyimpan laptop di tas punggung tidak ergonomis bagi tubuh. Maka dibuatlah tas khusus laptop. Namun tas khusus laptop juga banyak kekurangannya,” katanya.

Kekurangannya antara lain mudah rusak pada bagian penenteng jika mengangkat beban berat. Selain itu karena tidak terdapat pelindung untuk bagian ujungnya, sehingga kadang laptop dapat mengalami lecet. Kemudian tas laptop saat ini juga pada umumnya terbuat dari bahan yang tidak tahan terhadap air.

“Tas kami dirancang untuk mengatasi permasalahan tersebut. Untuk desain tas laptop kami juga menggunakan kain batik dari UKM di Malang yang akan memperindah desain tas laptop. Desain kain batik tersebut juga memiliki unsur budaya malangan seperti topeng malang dan keindahan Malang,” ujar Rais.

Tas ini merupakan salah satu cara inovatif untuk memperkenalkan budaya Indonesia. Selain itu, dapat memberikan dampak positif bagi UKM yang bergerak di bidang penjualan produk khas Indonesia seperti batik, wayang, dan sebagainya.

Tas Laptop TIK’S BAG berhasil meraih Juara III kompetisi Business Plan Tingkat Nasional Student Cooperative Fair 2019 yang diselenggarakan oleh KOKESMA Universitas Sultan Agung Tirtayasa pada 7-9 November 2019. (and)

58 total views, 1 views today